Mengenal Bro Rivai Lebih Dekat di Dunia Militer -->
Cari Berita

Mengenal Bro Rivai Lebih Dekat di Dunia Militer

Burhan SJ
Rabu, 24 Februari 2021

Bro Rivai

JAKARTA, Ragam Suara Jelata - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi dan rotasi jabatan di lingkungan TNI, Rabu (24/2/2021). 

Berdasarkan pantauan media, tertulis dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/145/II/2021 tanggal 23 Februari 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 114 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 43 Pati TNI AD, 38 Pati TNI AL dan 33 Pati TNI AU. 

Dalam lingkungan Perwira Tinggi TNI AL yang terdiri 38 orang salah satunya adalah putra daerah Sulawesi Selatan, Kolonel Laut (KH) Dr. Ir. Abdul Rivai Ras, M.M. M.S., M.Si dari Dosen Tetap Universitas Pertahanan menjadi Staf Ahli Panglima TNI Bidang Sosial, Budaya, Hukum, HAM dan Narkoba yang akan menyandang pangkat Laksamana Pertama TNI atau setara Brigadir Jenderal dalam angkatan darat. 

Dalam kiprahnya, Abdul Rivai Ras atau akrab di sapa Bro Rivai adalah perwira militer akademisi yang juga merupakan salah satu Pendiri Universitas Pertahanan (UNHAN). 

Rupanya, dengan latar belakang santri dan aktivis ia adalah alumnus Insinyur Teknik Arsitektur dan Perencanaan Universitas Hasanuddin (Unhas), Bro Rivai ekspansi ke dunia militer yang banyak mengerti tentang konsep desain bangunan, sistem perencanaan kota dan tata ruang wilayah, termasuk dalam merancang konsep wilayah pertahanan di lingkungan TNI AL dan di Kementerian Pertahanan RI. 

Adapun Karir Militer dan Jabatan Struktural Bro Rivai yang berhasil dihimpun. Berikut daftarnya : 

TNI Angkatan Laut (TNI-AL) 1993 – 1997
Pejabat Struktural Dinas Fasilitas Pangkalan pada Sub-dinas Konstruksi dan Instalasi di Pangkalan Utama TNI AL II, 
Komando Armada Barat, Jakarta. Pejabat Struktural Dinas Fasilitas Pangkalan pada Sub-dinas Fasilitas Jasa di Pangkalan Untama TNI AL II, Komando Armada Barat, Jakarta.
Pejabat Struktural Dinas Fasilitas Pangkalan pada Fasilitas Perumahan Dinas, Pangkalan Utama TNI AL II, Komando Armada Barat, Jakarta. 

Kementerian Pertahanan RI (KEMHAN RI) 2001 – 2008, dan kembali 2011 – 2020
Pejabat Struktural di Direktorat Kerjasama Internasional Bidang Bilateral (Kawasan Amerika dan Pasifik) Ditjen Strategi Pertahanan KEMHAN RI. 
Pejabat Struktural di Direktorat Analisa Lingkungan Strategis Bidang Analisa Organisasi Internasional dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ditjen Strategi Pertahanan KEMHAN RI. 
Pejabat Fungsional di Direktorat Analisa Lingkungan Strategis (Peneliti Madya) Bidang Lingkungan Strategi Asia dan Eropa Ditjen Strategi Pertahanan KEMHAN RI. 
Perwira Analis dan Perencana Bidang Intelijen Pertahanan diberbagai Kawasan Konflik Dalam dan Luar Negeri KEMHAN RI. 

Kementerian Sekretariat Negara RI (Lembaga Kepresidenan RI) 2008 – 2011
Staf Khusus pada Sekretariat Militer Presiden RI. Pejabat Struktural Biro Operasi dan Pengamanan dalam bidang Pengamanan Khusus Presiden Sekmilpres, Mensekneg RI (Era SBY). 

Sebelumnya juga pernah sebagai pengelola barang jasa madya alat peralatan pertahanan terkait akuisisi alutsista Baranahan Kemhan pada 2019-2020 di samping sebagai dosen di Universitas Pertahanan 

Karier Akademik 

Bro Rivai juga adalah Doktor pertama di bidang Ilmu Politik Pertahanan di lingkungan Militer yang diperolehnya dari Universitas Indonesia (UI) dan mengantongi tiga gelar Magister, yakni Magister Ketahanan Nasional, Magister Politik – Hubungan Internasional, dan Magister Manajemen Strategi – Operasi . Ia pernah mengecap pendidikan tertinggi TNI AL – Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) , dan pendidikan tertinggi di bidang pertahanan serta kepemimpinan keamanan nasional dalam program Senior Manager in National Security Leadership pada Elliot School of International Affairs, George Washington University, di Washington D.C. Amerika Serikat (AS) dan pendidikan keamanan maritim di Naval Post-graduate School (NPS) di Monterey-California, AS. 

Disamping itu, Bro Rivai selalu hadir menjadi narasumber di sejumlah Lembaga Kementerian terkait, Pusat Studi Strategis, dan dilembaga perguruan tinggi baik didalam maupun di luar negeri. Pembicara yang menonjol yang pernah dilalui antara lain pembicara tentang Pertahanan dan Kemanan Maritim di Departemen Pertahanan – Pentagon AS, dan di sejumlah Lembaga Pertahanan di kawasan Asia Pasifik. 

Karena itu Bro Rivai dijuluki sebagai praktisi dan pemikir Keamanan Maritim dan bahkan sebagai pelopor pendidikan dibidang pertahanan maritim. Pengalaman praktis yang dilalui, ia pernah bekerja di lingkungan TNI, di Kementerian Pertahanan RI, dan di Kementerian Sekretariat Negara RI atau Lembaga Kepresidenan (Sekretariat Militer Presiden), sehingga secara realitas ia mempunyai pengalaman birokrasi yang cukup dalam tata kelola pemerintahan pada skala nasional. Pengabdian terkini lainnya ia juga sebagai dosen Universitas Pertahahan (UNHAN) dan dosen Sekolah Pascasarjana Kajian Strategis dan Global Universitas Indonesia (UI). 

Selain itu, Bro Rivai telah menerima banyak penghargaan tanda jasa dari negara sebagai salah satu perwira yang aktif berkontribusi bagi kemajuan bangsa. 

Berikut daftarnya: 
Tanda Jasa Medali Kepeloporan Pendidikan di Bidang Pertahanan
Penghargaan dan Badge Kepeloporan sebagai Pendiri UNHAN
Bintang Jalasena Nararya
Satya Lencana Wira Dharma
Satya Lencana Wira Siaga
Satya Lencana Kebaktian Sosial
Satya Lencana Wira Nusa
Satya Lencana Wira Karya
Satya Lencana Dharma Nusa 2 Kali
Satya Lencana Diwidya Sistha 2 Kali
Satya Lencana Kesetaan XXIV Tahun
Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun
Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun

(*)