Anugrah Markisa, Rekomendasi Minuman Sehat di Masa Pandemi -->
Cari Berita

Anugrah Markisa, Rekomendasi Minuman Sehat di Masa Pandemi

Kamis, 08 April 2021

OPINI, Ragam Suara Jelata--- Sejak pandemi tahun lalu melanda di Indonesia berbagai cara yang dilakukan setiap masyarakat dalam melakukan bentuk-bentuk pencegahan agar terhindar dari virus tersebut. Selain itu, upaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terus digalakkan.

Sistem daya tahan tubuh yang kuat dapat melindungi tubuh dari serangan virus atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Sehingga perlu untuk selalu menjaga imunitas khususnya dari pola mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Berbagai macam makanan maupun minuman yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang bisa kita temui baik dalam buah-buahan, sayuran maupun olahan sehat. Salah satunya produk UMKM yang berasal dari Kecamatan Sinjai Tengah bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Anugrah Markisa adalah minuman sirup yang berbahan baku 100% dari buah markisa asli dengan campuran gula, selain minuman yang menyegarkan juga menyehatkan.

Kandungan buah markisa memiliki banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Dalam 1 buah markisa, terkandung sekitar 80-100 kalori, vitamin A, vitamin C, karbohidrat kompleks, serat, zat besi, dan kalium.

Selain itu, buah markisa juga mengandung beberapa nutrisi lain dalam jumlah kecil, seperti ribovlavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. (https://www.alodokter[.]com)

Buah dengan nama latin Passiflora  quadrangularis L yang memiliki rasa khas kecut sedikit manis juga dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam markisa adalah beta-karoten.

Oleh karenanya, jika dikonsumsi secara rutin, maka tubuh akan menerima banyak nutrisi dari buah markisa dan vitamin C yang terkandung pada buah tersebut mampu mengatasi infeksi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Salah satunya penyakit infeksi adalah flu dan pilek. (https://cekaja[.]com).

Kehadiran Anugrah Markisa, berawal dari keprihatinan seorang pemuda bernama Asmar Anugrah atas panen buah markisa yang melimpah di daerahnya. Namun, masyarakat bingung mau dikemanakan hasil panen ini.

“Jika hanya sekedar untuk dikonsumsi maka sudah melebih dari kapasitas konsumsi normal masyarakat dan jika ingin dijual, buah markisa tidak memiliki harga saat itu. Karena hampir seluruh masyarakat menanam tanaman ini,” tutur Asmar Anugrah dalam sebuah wawancara.

“Dari seiring waktu bergulir tanaman ini mulai dianggap gulma oleh masyarakat sebab batangnya yang terus merambat subur. Oleh karena itu, saya mulai berinisiatif untuk memanfaatkan buah markisa ini menjadi minuman yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Kebetulan, saya pernah bekerja di salah satu produksi sirup markisa yang ada di Makassar sehingga memiliki sedikit gambaran tentang produksi buah ini. Selebihnya hanya bermodalkan nekat” tambahnya.

Berawal dari keprihatinan, kini Anugrah Markisa sudah dikenal banyak oleh masyarakat di Kabupaten Sinjai. Selain itu, produk khas rumahan ini, telah melakukan beberapa pengiriman dibeberapa titik di luar Kabupaten Sinjai, seperti di Bone, Bulukumba, Makassar, Depok dan bahkan pernah lintas negara yakni di Jepang.

Keistimewaan Anugrah Markisa, dibandingkan produk olahan yang sejenis, selain pada rasanya yang manis, juga terletak pada bulir-bulirnya.

Pada umumnya,  minuman atau sirup buah markisa di produksi tanpa adanya bulir. Tentu, ini berbeda dengan sirup Markisa khas Sinjai yang memiliki bulir sehingga ada sensasi lebih menyegarkan saat diminum.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa buah markisa yang kaya akan nutrisi ini mampu memperkaya antioksidan dalam tubuh, sehingga tubuh lebih kuat menangkal virus atau kuman. Tetapi tak perlu pusing, jika buah markisa tidak tersedia di rumah.

Karena, saat ini manfaat buah markisa telah mampu dirasakan manfaatnya dalam sebuah botol Anugerah Markisa, minuman sirup yang praktis  dan mudah dibawa kemana-mana. Anugerah markisa juga dapat menjadi oleh-oleh khas dari Kabupaten Sinjai sebagai bentuk kepedulian kita terhadap produk-produk UMKM.

Pengembangan dan dukungan terhadap hal ini sangat perlu, karena usaha UMKM menjadi penopang negara ditengah pandemi. Jika UMKM berkembang, maka ekonomi negara akan segera pulih. Tubuh sehat, negara kuat. 

Oleh: Rizkiani (Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah IAIM Sinjai).