Rumah Dongeng Sinjai Launching 3 TBM di Pelosok Sinjai Barat -->
Cari Berita

Rumah Dongeng Sinjai Launching 3 TBM di Pelosok Sinjai Barat

Burhan SJ
Senin, 27 Desember 2021

Taman Baca Pattiroang


SINJAI, Ragam- Salah satu upaya peningkatan minat baca yang dilakukan oleh  pegiat literasi Sinjai yang tergabung di komunitas Rumah Dongeng Sinjai adalahu dengan meresmikan 3 TBM yang terletak di Desa Turungan Baji dan Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat. Minggu, (26/12/21) kemarin.


Pendiri Rumah Dongeng Sinjai mengatakan, TBM atau Taman Bacaan Masyarakat seperti perpustakaan mandiri yang dikelola oleh komunitas.


"Ke-3 TBM tersebut adalah TBM Turungan dan TBM Pattiroang di Dusun Soppeng, Desa Turungan Baji  dan TBM Pemuda Tonrong di Dusun Tonrong, Desa Terasa. Peresmian 3 TBM ini juga masih dalam rangkaian program kerja Kampung Literasi yang merupakan apresiasi dan  program khusus dari Kemendikbudristek melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus" katanya, Senin (27/12).


Rumah Dongeng Sinjai juga menyalurkan buku dan Al Quran hasil donasi dari program 1000 buku untuk Sinjai. 


"Berbicara tentang minat baca seharusnya diimbangi dengan penyediaan fasilitas dan bahan bacaan. Pendirian TBM ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemuda desa yang peduli dengan kondisi desanya. Dengan hadirnya TBM itu sama halnya mendekatkan buku ke masyarakat" lanjutnya.


Yani, sapaan akrab Mirfayani Mirsal menambahkan, pemuda Dusun Soppeng dan Dusun Tonrong di Sinjai Barat patut diapresiasi, bisa bersatu untuk memajukan desanya dengan meningkatkan minat baca masyarakat.


"Akhir bulan depan kami bersama pengelola TBM akan melaksanakan penyusunan rencana tindak lanjut, sehingga TBM bisa berkegiatan secara terus menerus" tutupnya.


(Tim)