BAZNAS Yogyakarta Salurkan Bantuan 5.100 Telur Ayam -->
Cari Berita

BAZNAS Yogyakarta Salurkan Bantuan 5.100 Telur Ayam

Sabtu, 05 September 2020



YOGYAKARTA, Suara Jelata--- Demi menjaga imunitas tubuh untuk melawan penyebaran virus Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta menyalurkan 5.100 butir telur ayam kepada warga Kelurahan Tegalrejo, Kota Yogyakarta di Pendopo Kantor Kelurahan Tegalrejo, kemarin. Jumat, (04/09/2020)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011, bahwasannya BAZNAS Kota Yogyakarta sebagai pengelola dana Zakat, Infak, Shodaqoh, dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (ZIS DSKL) memiliki fungsi dan tanggungjawab dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat salah satunya melalui program penyaluran bantuan telur ayam ini.

“Telur ayam yang kami salurkan kali ini adalah donasi dari PT. Widodo Makmur Unggas untuk didistribusikan kepada warga Kampung Sudagaran Tegalrejo Yogyakarta. 

Penyerahan bantuan telur ayam tersebut diserahkan oleh Manajer Hatchery PT. Widodo Makmur Unggas Mochtar Hariyadi kepada BAZNAS Kota Yogyakarta pada hari Rabu (2/9/20) di Tonggor Semanu Gunungkidul,” Ujar Syamsul Azhari selaku Ketua Baznas Kota Yogyakarta.

Program bantuan CSR telur ayam ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan protein, pencegahan stunting dan kesejahteraan masyarakat. Terlebih agar terhindar daru Stunting.

Lurah Tegalrejo, Juwairiyah dalam sambutannya menyampaikan, rasa bangga dan terima kasihnya karena sudah mendapat perhatian.

“Dari 45 Kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta kami adalah satu-satunya kelurahan yang ditunjuk oleh BAZNAS untuk dapat menerima amanah ini. Awalnya bantuan ini hanya untuk warga kampung Sudagaran saja, tapi tadi saya sudah berkomunikasi dengan Baznas Kota Yogyakarta bahwa telur ini nantinya akan dibagikan kepada seluruh warga Kelurahan Tegalrejo, ada 12 RW, 80 Anggota LINMAS, Pengurus PKK, dan Karang Taruna," ungkapnya.
 
Edi Muhamad, selaku perwakilan dari Pemerintah Kota Yogyakarta menerangkan selain program pemberian telur dari program sinergitas antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan BAZNAS. Pemkot Yogyajarta juga terbantu oleh relawan-relawan yang muncul dari kalangan masyarakat pada saat pandemi COVID-19 yang sampai saat ini dikawal oleh Pemkot Jogja, seperti Relawan Sehat dan Dapur Balita yang sudah terbentuk di 14 kecamatan, 27 kelurahan dan di 44 kelompok. 

"Selain itu juga ada Dapur Ngluwihi Mbagehi di 10 lokasi, kegiatan Centelan Sayur di 20 lokasi, dan ada Relawan Mengajar untuk membantu pendampingan belajar anak-anak di 18 kelurahan. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kepedulian warga terhadap warganya, juga kepedulian dari pengusaha maupun pihak-pihak lain yang bersosial.” jelas Edi Muhammad selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Baznas Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta, Perwakilan Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Camat Tegalrejo, Lurah Tegalrejo, Ketua LPMK Kelurahan Tegalrejo, Ketua RW se-Kelurahan Tegalrejo, dan Perwakilan Masyarakat Kelurahan Tegalrejo.

Laporan: Nihan